Daud Firman

Sabtu, 09 Maret 2013

Kawasaki Kembali ke MotoGP?


 Pemilik tim Forward Racing, Giovanni Cuzari, menyatakan keinginannya membentuk tim konstruktor MotoGP. Ada kemungkinan besar Cuzari bakal menggaet Kawasaki sebagai partner untuk pengembangan jet roda dua yang akan mereka andalkan di lintasan.
Sejumlah spekulasi merebak soal pabrikan mana yang bakal digaet Cuzari untuk mewujudkan ambisinya. Suzuki sempat disebut-sebut sebagai kandidat terkuat karena pabrikan itu sudah memberi sinyal bakal tampil kembali di ajang MotoGP 2014. Namun karena harus merebut posisi grid terdepan, mereka kemungkinan harus bergabung dulu dengan Yamaha atau Honda yang menggunakan motor RC213V.
Setelah itu terungkap bahwa baru-baru ini Cuzari mengadakan kontak yang mengejutkan dengan pabrikan Jepang lainnya, Kawasaki. "Kami sudah membicarakan soal MotoGP 2014. Saya juga sudah bertemu dan bicara dengan Ezpelata (CEO Dorna, pemegang hak siar MotoGP) mengenai proyek-proyek Honda dan Yamaha. Saya juga berbicara dengan Suzuki dan Kawasaki," tutur Cuzari dalam suatu wawancara.
Forward Racing dulunya bernama Hayate Racing Team, yang dibentuk Kawasaki untuk mendukung pembalap Marco Melandri memacu ZX-RR pada musim 2009. Jika benar Kawasaki kembali ke ajang MotoGP, dan Dorna menyediakan grid ekstra untuk tim baru, kerjasama Forward dengan Kawasaki kemungkinan akan terwujud.
Kawasaki kini punya senjata andalan bermesin FTR yang digunakan pada tim CRT MotoGP untuk musim 2013. Motor itu digeber pembalap Colin Edwards dan Claudio Corti.
Tim pabrikan Kawasaki tampil di ajang MotoGP pada kurun waktu 2002-2008 dan meraih empat podium juara sebelum mengundurkan diri karena krisis finansial. Keputusan mundur itu kemudian diikuti Suzuki pada akhir tahun 2011.
Namun tidak seperti Suzuki yang terus mengembangkan proyek sepeda motornya untuk MotoGP, pengembangan motor balap Kawasaki tidak pernah terungkap. Sejak meninggalkan MotoGP, Kawasaki banyak terlibat di kejuaraan dunia superbike dan akhir tahun lalu mereka menempati posisi kedua bersama pembalap Tom Sykes.

Sumber : Click Here

0 Comment: